RSS

Yang Lebih Utama di laksanakan Puasa Syawal atau Mengganti Puasa Ramadhan

04 Sep

Nabi saw bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal maka seakan-akan ia berpuasa setahun”

Dari hadits di atas, sebagian ulama berpendapat bahwa membayar hutang puasa Ramadhan harus didahulukan daripada berpuasa sunnah, termasuk puasa enam hari di bulan Syawwal.

Namun jumhur ulama menyatakan boleh berpuasa sunnah enam hari di bulan Syawwal sebelum membayar hutang puasa Ramadhan karena jangka waktu untuk mengganti puasa tersebut lebih luas dan tidak harus di bulan Syawwal. Sebab Allah befirman, “Maka (hutang tersebut) diganti di hari-hari yang lain, ” (QS al-Baqarah: 184). Tidak ada dalil yang menunjukkan larangan berpuasa sunnah sebelum mengganti hutang puasa Ramadhan. Ketika Nabi saw menganjurkan berpuasa sunnah seperti Asyura beliau tidak memberikan syarat bahwa pelakunya harus telah membayar hutang puasa Ramadhan. Apalagi disebutkan oleh Aisyah ra bahwa karena kondisi tertentu ia mengganti hutang puasa Ramadhan pada bulan Sya’ban. Andaikan pelaksanaan puasa sunnah menyaratkan dibayarkannya hutang puasa Ramadhan berarti Aisyah ra tidak berpuasa sunnah dalam setahun. Hal ini mustahil.

Adapun jika berbicara tentang mana yang lebih utama, memang sebaiknya jika waktu terbentang luas dan kesempatan untuk melakukan puasa syawwal masih ada, maka mengutamakan membayarkan hutang puasa Ramadhan lebih baik karena ia wajib. Tentu saja yang wajib sebaiknya lebih diutamakan daripada yang sunnah.

Lalu yang perlu digarisbawahi bahwa puasa qadha Ramadhan tidak bisa disatukan dengan puasa syawwal.

Sumber : http://www.syariahonline.com/v2/puasa/hukum-puasa-syawal

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 September 2011 in Kisah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: